Investasi atau Bisnis?

Dalam pencarian gue untuk mendapatkan tingkat kehidupan yang lebih baik lagi dari sekarang, terutama karena gue gak mau selamanya hidup jadi karyawan doang n menghabiskan hidup gue setiap harinya 8-16 jam untuk bekerja saja, gue nemuin ada 3 pilihan dan masing-masing diklaim oleh temen-temen yang jalanin sebagai yang teraman dan ngasihin return terbaik.
Temen gue yang aktif invesin uangnya di saham, reksadana, dsb mengkaim kalo investasi ini adalah bukan aja aman tapi juga sebagai alat wealth builder nya dia, cuma satu yang gak gue suka karena uangnya harus di taroh gak boleh dikutak-katik selama 25 taon, n nantinya pada saat pensiun loe bakal kaya bangeeeet, gue sih mikir naro uang n terus nambahin uang 5jt tiap bulannya ampe 25 tahun, that's mean when i'm 55, gue baru menikmati hasilnya. Gue bilang ama temen gue itu, gue mau kayanya waktu gue masih muda bukan pas gue umur 55, masa gue nyetir ferrari gue umur segitu sih? Mana berani gue bawa di jalan tol Cipularang dengan kecepatan >200km/jam.
Terus ada lagi temen gue yang bilang kalo investasi di property tuh yang the best nya, soalnya harga property makin taun tuh makin naek bukan makin turun, bener sih kata dia, cuma menurut gue property tuh gak liquidalias lama di jualnya gak bisa cepet, dan satu lagi kelemahannya butuh modal gede, kecuali pake KPR of course.
Terus yang terakhir ada temen gue yang sukses bisnis, karena dia mulai dari jaman kuliah, and gue tau banget dia tuh jatuh bangun dalam usahanya, mulai dari jualan dompet sampe akhirnya skg jadi kontraktor. Kalo dibanding sama businessman lain sih jelas dia masih jauh, tapi kalo diliat dari perjuangannya dari NOL bgt dan tanpa modal, gue salut banget, cuma dia bilang ama gue kalo mau jadi pengusaha tuh yang paling penting bukan punya modal atau skill tapi mentalnya dulu, jangan gagal sekali langsung nyerah. Nah itu tuh yang susah, dia sih enak dah mulai dari jaman kuliah, masih muda lah istilahnya, gagal bisa bangun lagi, lah kalo kaya gue dah umur 30 gini?
Tapi yah semua harus dimulai sih yah, kebanyakan mikir juga jadinya gak jalan-jalan, gue jadi inget satu tulisan yang digantung di tembok kamar temen gue yang lain, "if you never make a small step u'll never make a journey". So, kayanya gue mau mulai dengan bisnis disambi gue mulai nabung atawa investasi di reksadana, hehehe, wish me luck!!!

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Investasi atau Bisnis?"

Powered by Blogger